PENGOLAHAN KACANG-KACANGAN

PENGOLAHAN KACANG KACANGAN


1. Kacang Pistachio, French Macaron
Pistachio merupakan sumber kalium, dan kandungan lemak tak jenuhnya hampir sama dengan kacang almond. Sebutir pistachio mengandung 90 kalori dan 18 gram lemak. Sama seperti kacang pada umumnya, pistachio juga bisa diolah atau menjadi bahan pembuat berbagai masakan. Salah satu masakan yang menggunakan pistachio sebagai bahannya adalah French Macaron.
Makanan ini pada dasarnya adalah merigue-based cookies dengan macam-macam variasi filling. Macaron tebuat dari putih telur, gula dan almond bubuk. Variasi filling macaron sangat banyak, seperti cokelat, vanila, lemon, teh hijau, rapsberry, caramel, pistachio dan masih banyak lagi. Warna macaron yang menarik menjadikan kue mungil ini ikon mode baru di Paris . Hampir setiap pojok Paris ada yang menjual kuel kecil ini. Bahkan kue ini juga bisa ditemukan di Mccafe Champ Elysee.
Pistachio macarons membutuhkan adonan dasar 10 gram kacang pistachio yang digiling halus plus sedikit pewarna makanan hijau. Bahan fillingnya 90 gram pistachio, 25 gram gula, serta 20 gram whipping cream. Sebagian langkah cara membuat french macaron pstachio adalah rendam pistachio dalam air panas selama 10 menit sampai kulitnya lembut. Kupas kulit pistachio dan panggang dalam oven 150 derajat selama 10 menit. Terakhir blender semua bahan filling.
2.Kacang Kenari, Katayef
Kacang kenari menjadi kacang terunik karena kaya akan omega tiga yang bagus untuk kesehatan jantung. Selain itu, kenari juga kaya akan lemak tak jenuh ganda yang dapat melindungi tubuh dari resiko diabetes tipe 2. Dalam sebutir kacang kenari juga terkandung 190 kalori dan 18 gram lemak. Kacang kenari ternyata tidak hanya bisa dijadikan bahan untuk membuat kue, tapi juga makanan olahan lainnya.
Kacang kenari sangat pas jika dijadikan bahan pendukung makanan khas Lebanon yaitu katayef. Bagi sebagian orang, katayef mix juga kerap disebut sebagai arabian pancake. Sebuah restoran di jakarta ada yang menyajikan katayef menjadi dua jenis. Pertama katayef goreng dengan isi kacang kenari dan katayef yang adonannya menyerupai pancake serta disajikan dengan keju. Untuk katayef goreng isi kacang kenari dan adonan krim khasta, sangat lezat disantap pada saat masih panas. Katayef merupakan makanan tradisional dengan rasa manis yang sangat terkenal di seluruh negara arab. Makanan ini biasanya dibuat pada saat bulan suci ramadhan.
Bahan yang dibutuhkan untuk membuat katayef adalah 6 cangkir tepung, 1 sendok the ragi, 6 cangkir susu, 3 cangkir kirm segar kushta, 3 cangkir kenari cincang, 1 cangkir gula tepung, 1 sendok makan air mawar, 2 sendok makan jeruk-bunga air, setengah cangkir selai lemon, setengah cangkir kenari utuh, 6 cangkir minyak goreng dan 3 cangkir sirup. Cara pembuatannya hampir mirip dengan pembuatan yang di Indonesia dikenal dengan sebutan kastengel.



Comments